PERLINDUNGAN HUKUM BAGI NASABAH DALAM TRANSAKSI GADAI TABUNGAN EMAS PADA PT.PEGADAIAN (PERSERO) CABANG TARANDAM KOTA PADANG

RICKY, SEPTIAWAN and Elyana, Novira (2025) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI NASABAH DALAM TRANSAKSI GADAI TABUNGAN EMAS PADA PT.PEGADAIAN (PERSERO) CABANG TARANDAM KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[thumbnail of DRAFT SRKIPSI RICKY repostroy.pdf] Text
DRAFT SRKIPSI RICKY repostroy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of DRAFT SRKIPSI RICKY repostroy-1-18.pdf] Text
DRAFT SRKIPSI RICKY repostroy-1-18.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of DRAFT SRKIPSI RICKY repostroy-77-84.pdf] Text
DRAFT SRKIPSI RICKY repostroy-77-84.pdf

Download (295kB)

Abstract

Perlindungan hukum bagi nasabah dalam transaksi gadai tabungan emas pada PT Pegadaian (Persero) Unit Tarandam, Kota Padang. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya perlindungan terhadap nasabah agar terhindar dari kerugian atau kesalahpahaman dalam transaksi gadai, khususnya produk tabungan emas yang memiliki karakteristik tersendiri. Permasalahan dalam penelitian ini 1) Bagaimanakah bentuk perlindungan hukum yang diberikan kepada konsumen dalam transaksi gadai tabungan emas di PT Pegadaian Perseroan Tarandam Kota Padang? 2) Bagaimanakah upaya-upaya penyelesaian sengketa antara konsumen dan PT Pegadaian dalam transaksi gadai tabungan emas?. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan yuridis empiris dengan data primer melalui wawancara dengan pegawai serta konsumen di PT Pegadain Tarandam Kota Padang, serta data sekunder dari dokumen resmi PT Pegadaian Kota Padang dan literatur hukum terkait. Hasil penelitian adalah 1) bahwa secara umum PT Pegadaian memberikan perlindungan hukum kepada nasabah melalui penyusunan akad gadai sesuai dengan ketentuan hukum, penyampaian informasi sebelum transaksi, dan pengembangan sistem digital. Masih terdapat beberapa permasalahan, seperti ketidaksesuaian informasi akad, kurangnya pemahaman nasabah terhadap risiko pelelangan, serta kendala teknis pada sistem digital. 2) Untuk meminimalkan sengketa, Pegadaian telah melakukan berbagai upaya, antara lain pelatihan petugas, penyempurnaan sistem notifikasi, edukasi digital kepada nasabah, serta pemberian layanan pengaduan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum Perdata
Depositing User: Hukum Hukum FH
Date Deposited: 19 Sep 2025 07:34
Last Modified: 19 Sep 2025 07:34
URI: http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/942

Actions (login required)

View Item
View Item