Indra, Fadhillah Rahma and Khadavi, Khadavi (2025) ANALISIS STRUKTUR JEMBATAN SEGMENTAL BOX GIRDER TERHADAP BEBAN KONSTRUKSI MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA DENGAN PEMODELAN SOLID ELEMENT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![cover fiks.pdf [thumbnail of cover fiks.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
cover fiks.pdf
Download (1MB)
![skripsi full text.pdf [thumbnail of skripsi full text.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi full text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![saran.pdf [thumbnail of saran.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
saran.pdf
Download (208kB)
Abstract
Jembatan merupakan infrastruktur strategis dalam sistem transportasi yang berfungsi
menghubungkan dua titik terpisah secara geografis. Peran strategis jembatan menuntut
perencanaan struktur yang mampu menahan berbagai jenis beban, baik beban layanan (service
load) selama masa operasional maupun beban sementara (construction load) yang terjadi pada
tahap pelaksanaan konstruksi Pada tahap konstruksi, struktur jembatan menerima beban
sementara yang dapat menimbulkan tegangan lokal signifikan, salah satunya pada metode
span-by-span dengan Launching Gantry (LG). Penelitian ini menganalisis pengaruh beban
konstruksi dari kaki belakang (rear leg) LG terhadap segmen box girder pracetak dengan
pendekatan Metode Elemen Hingga (Finite Element Method/FEM). Pemodelan dilakukan
menggunakan solid element tiga dimensi untuk merepresentasikan distribusi tegangan secara
detail, di mana beban konstruksi direpresentasikan sebagai tekanan permukaan (surface
pressure) pada pelat atas (top slab). Hasil analisis menunjukkan konsentrasi tegangan pada
daerah perletakan rear main support (RMS) dan rear leg (RL). Nilai tegangan yang diperoleh
masih berada dalam batas izin beton sesuai AASHTO LRFD 2020, yaitu pada RMS sebesar
0,92 MPa (serat atas) dan 0,58 MPa (serat bawah), sedangkan akibat RL diperoleh tegangan
tarik 0,41 MPa pada top slab serat bawah dan 0,36 MPa pada bottom slab. Selain itu,
tegangan tekan akibat beban tumpuan bearing tercatat sebesar 12,56 MPa. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa beban konstruksi dari LG menghasilkan konsentrasi tegangan lokal pada
box girder yang masih berada dalam batas izin sesuai AASHTO LRFD 2020, sehingga respon
struktur tetap berada dalam batas aman sesuai standar desain yang berlaku.
Kata Kunci: Kriteria; Jembatan box girder; Beban konstruksi; Metode elemen hingga;
Launching Gantry; Analisis tegangan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil |
Depositing User: | Sipil FTSP |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 02:09 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 02:09 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/845 |