Yobi, Kurniawan and Eko, Prayitno (2025) ANALISIS KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE BINA MARGA DAN INDEKS KONDISI PERKERASAN ( IKP ) PADA RUAS JALAN BY PASS PADANG STA 0+000 – STA 6+000. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![COVER, HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB I PENDAHULUAN.pdf [thumbnail of COVER, HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB I PENDAHULUAN.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER, HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (1MB)
![BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (512kB)
![FULLTEKS SKRIPSI.pdf [thumbnail of FULLTEKS SKRIPSI.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keadaan perkerasan Jalan By Pass Padang STA 0+000 – STA 6+000 yang mengalami kerusakan, untuk menyediakan data objektif sebagai dasar perencanaan pemeliharaan jalan yang efisien. Studi ini menerapkan pendekatan perbandingan dengan dua teknik evaluasi: Metode Bina Marga yang mengevaluasi prioritas penanganan berdasar tipe kerusakan dan Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR), serta Indeks Kondisi Perkerasan (IKP) yang menilai tingkat keparahan permukaan secara kuantitatif. Analisis dijalankan secara terpisah untuk Perkerasan kaku dan Perkerasan lentur, menunjukkan konsistensi yang tinggi antara kedua metode. Sebagai hasilnya, segmen perkerasan kaku memiliki nilai Urutan Prioritas (UP) rata-rata 10 dan IKP rata-rata 96, yang menunjukkan kondisi sangat baik dan memerlukan pemeliharaan berkala. Dengan cara yang sama, perkerasan lentur mendapatkan nilai UP rata-rata 9 dan IKP rata-rata 93, juga dalam kategori sangat baik. Kesimpulan dari studi ini menunjukkan bahwa keadaan jalan secara keseluruhan stabil dan hanya memerlukan tindakan pemeliharaan rutin, seperti penutupan retak dan perbaikan, untuk mencegah kerusakan struktural yang lebih serius dan mempertahankan kelayakan jalan dalam jangka panjang.
Kata kunci : perkerasan jalan, Metode Bina Marga, Indeks Kondisi Perkerasan, kerusakan jalan, pemeliharaan jalan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil |
Depositing User: | Sipil FTSP |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 01:46 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 01:46 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/806 |