PENGARUH E-WOM DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN BRAND TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Pada Produk Body Lotion Merek Nivea di Kota Padang)

Selyya, Dara Ferdana and Reni, Yuliviona (2025) PENGARUH E-WOM DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN BRAND TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Pada Produk Body Lotion Merek Nivea di Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN,PERSETUJUAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN,PERSETUJUAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of FULL TEXT SKRIPSI.pdf] Text
FULL TEXT SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh electronic word of mouth (e-WOM) dan brand image terhadap keputusan pembelian dengan brand trust sebagai variabel mediasi pada konsumen produk body lotion merek Nivea di Kota Padang. Latar belakang dari penelitian ini didasari oleh perkembangan komunikasi digital yang semakin pesat, di mana opini konsumen dan citra merek memegang peranan penting dalam membentuk kepercayaan dan keputusan pembelian suatu produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dan melibatkan sebanyak 80 responden yang merupakan konsumen body lotion Nivea di Kota Padang. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, dan analisis data dilakukan dengan teknik Measurement Model Assessment (MMA), analisis deskriptif, analisis R-Square, dan Structural Model Assessment (SMA) menggunakan pendekatan Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-WOM tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, e-WOM dan brand image terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand trust, dan brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand trust juga berperan secara positif dan signifikan sebagai variabel mediasi dalam hubungan antara e-WOM dan keputusan pembelian, serta antara brand image dan keputusan pembelian. Dengan demikian, brand trust dalam penelitian ini terbukti memiliki peran mediasi yang kuat dalam menjembatani pengaruh e-WOM dan brand image terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Brand Trust, e-WOM, Brand Image

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Manajemen FEB
Date Deposited: 18 Sep 2025 01:34
Last Modified: 18 Sep 2025 01:34
URI: http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/609

Actions (login required)

View Item
View Item