PENYELESAIAN SENGKETA NASABAH BANK MELALUI LEMBAGA ALTERNATIF PENYELESAIAN SENGKETA SEKTOR JASA KEUANGAN

KARIN SUCI, MAHARANI and Elyana, Novira (2025) PENYELESAIAN SENGKETA NASABAH BANK MELALUI LEMBAGA ALTERNATIF PENYELESAIAN SENGKETA SEKTOR JASA KEUANGAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN_PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, dan BAB PENDAHULUAN.pdf] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN_PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (610kB)
[thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of FULLTEKS SKRIPSI.pdf] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perbankan adalah segala sesuatu yang menyangkut tentang bank, mencakup kelembagaan,
kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya. Sengketa
antara nasabah dan pihak bank merupakan persoalan yang kerap terjadi dalam
hubungan hukum sektor jasa keuangan. Sebagai respons terhadap kebutuhan akan
penyelesaian sengketa yang cepat, efisien, dan berkeadilan, Otoritas Jasa Keuangan
(OJK) membentuk Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa
Keuangan (LAPS SJK). Rumusan masalah : 1). Bagaimanakah bentuk
Perlindungan Hukum yang diberikan oleh LAPS SJK terhadap Nasabah Bank? 2).
Bagaimanakah analisis mekanisme LAPS SJK dalam menangani Sengketa Nasabah
Bank?. Metode yang digunakan adalah yuridis normatif dengan pendekatan
perundang-undangan serta analisis terhadap data sekunder. Hasil penelitian : 1).
Menunjukkan bahwa LAPS SJK memberikan perlindungan hukum melalui
mediasi, arbitrase, pendapat mengikat, rahasia dan terpercaya, penyelesaian yang
obyektif dan adil, non litigasi, keterjangkauan, penyelesaian sengeketa perbankan
khusus, penyelesaian sengketa rehabilitasi nasabah dengan berpedoman pada POJK
No. 61/POJK.07/2020. 2). Mekanisme yang dilakukan LAPS SJK dalam
penyelesaian Sengketa Perbankan menawarkan alternatif yang efisien
dibandingkan proses litigasi di pengadilan. Secara prosedural, proses dimulai dari
pengajuan permohonan oleh nasabah yang memenuhi syarat administratif.
Substansinya mengedepankan prinsip keadilan, imparsialitas, dan perlindungan hak
konsumen. Dengan demikian, LAPS SJK menjadi forum penyelesaian sengketa
yang efektif dan berpihak pada perlindungan konsumen.
Kata Kunci: Sengketa Perbankan, LAPS SJK, Perlindungan Hukum,
Penyelesaian Non-Litigasi, OJK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum Perdata
Depositing User: Hukum Hukum FH
Date Deposited: 16 Sep 2025 09:05
Last Modified: 16 Sep 2025 09:05
URI: http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/443

Actions (login required)

View Item
View Item