PENGARUH PENGGUNAAN GEOGEBRA DALAM MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI LINGKARAN KELAS XI SMAS ADABIAH 2 PADANG

Friska Murni Kasih Laoli, Laoli and Rita Desfitri, Desfitri (2025) PENGARUH PENGGUNAAN GEOGEBRA DALAM MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI LINGKARAN KELAS XI SMAS ADABIAH 2 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[thumbnail of Skripsi_Friska Murni Kasih Laoli.pdf] Text
Skripsi_Friska Murni Kasih Laoli.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of COVER, HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
COVER, HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan GeoGebra dalam model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi lingkaran kelas XI SMAS Adabiah 2 Padang. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar matematika, khususnya dalam materi geometri, serta pembelajaran yang masih didominasi metode ceramah tanpa menggunakan media interaktif. GeoGebra merupakan perangkat lunak dinamis yang memudahkan visualisasi konsep matematika secara interaktif, sedangkan model PBL menekankan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik melalui pemecahan masalah nyata secara kolaboratif.

Jenis penelitian ini adalah eksperimen sejati (true experiment) dengan desain Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAS Adabiah 2 Padang tahun pelajaran 2024/2025. Sampel dipilih secara acak, yaitu kelas XI F2 sebagai kelas eksperimen dan XI F5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar berbentuk uraian yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t dengan bantuan aplikasi SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi. Kesimpulannya, penggunaan GeoGebra dalam model Problem Based Learning berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar matematika peserta didik pada materi lingkaran.

Kata kunci: GeoGebra, Problem Based Learning, Hasil Belajar, Lingkaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 15 Sep 2025 01:10
Last Modified: 15 Sep 2025 01:10
URI: http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/249

Actions (login required)

View Item
View Item