Del, Herro and Heri, Effendi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SEJARAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf [thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf
Download (842kB)
![BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (247kB)
![FULTEKS SKRIPSI.pdf [thumbnail of FULTEKS SKRIPSI.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan penggunaan media e-comic berbasis kearifan lokal. Jenis penelitian adalah pengembagan (Research and development) (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Sampel dalam penelitian ini adalah 28 orang siswa pada kelas 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki validitas yang sangat baik. Validitas ahli materi dengan rata-rata 100%, validasi ahli bahasa yaitu 85%, dan untuk validasi ahli media yaitu 87,5%. Data uji praktikalitas yang dilakukan oleh guru dan peserta didik hasil penelitian media interaktif sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran, dengan nilai rata-rata 92,32% untuk praktikalitas oleh guru dan nilai rata-rata praktikalitas siswa yaitu 92,32%. Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran menggunakan tes, dengan hasil Uji N-Gain 0,77, kemudian dengan pengujian normalitas didapatkan hasil 0,08 selanjutnya pada pengujian hipotesis diperoleh hasil 0,08. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa media e-comic berbasis kearifan lokal yang dikembangkan memiliki validitas, praktikalitas, dan efektivitas yang tinggi. Sehingga layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS pada kelas 4.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 01:29 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 01:29 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1796 |