Dinda, Mustika and Fazri, Zuzano (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON BERORIENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS X. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![Cover dan Pendahuluan.pdf [thumbnail of Cover dan Pendahuluan.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover dan Pendahuluan.pdf
Download (3MB)
![kesimpulan saran dan daftar pustaka.pdf [thumbnail of kesimpulan saran dan daftar pustaka.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
kesimpulan saran dan daftar pustaka.pdf
Download (1MB)
![FULLTEKS SKRIPSI DINDA.pdf [thumbnail of FULLTEKS SKRIPSI DINDA.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULLTEKS SKRIPSI DINDA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa pada materi statistika, siswa kesulitan dalam mengerjakan soal statistika yaitu dalam mengaplikasikan rumus mean, median dan modus. Hal ini disebabkan karena sebagian guru matematika masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran, guru masih kurang dalam memanfaatkan media pembelajaran seperti media pembelajaran powtoon.
Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan media pembelajaran powtoon berorientasi pendekatan kontekstual yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi statistika, khususnya pada sub bab ukuran pemusatan data. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran powtoon yang valid dan praktis serta efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE, yang mencakup lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation.
Berdasarkan hasil validasi dan uji praktikalitas dan juga tes yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil validasi oleh ahli materi dan bahasa menunjukkan kategori “Valid” dengan nilai validasi 84%, kemudian untuk ahli media menunjukkan kategori “Valid” dengan nilai validasi 86,15%. Untuk praktikalitas siswa memberikan nilai 83% dengan kategori praktis. Hasil tes pemahaman konsep siswa menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami peningkatan pemahaman konsep dengan kategori sedang dengan perolehan N-Gain 0,59. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran powtoon berorientasi pendekatan kontekstual berhasil menciptakan media yang valid dan praktis, serta terbukti dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi statistika.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Powtoon, Pendekatan kontekstual, Pemahaman konsep siswa, Statistika
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | PMAT FKIP |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 04:33 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 04:33 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1782 |