PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV MATERI FOTOSINTESIS SDN 03 BATU BANYAK KABUPATEN SOLOK PROVINSI SUMATERA BARAT

Dike, Rahmatika faurani and Enjoni, Enjoni (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV MATERI FOTOSINTESIS SDN 03 BATU BANYAK KABUPATEN SOLOK PROVINSI SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of FULLTEKS SKRIPSI.pdf] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV pada materi fotosintesis di SDN 03 Batu Banyak Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 03 Batu Banyak tahun ajaran 2025/2026 terdiri dari 2 kelas yaitu Kelas IV A dan Kelas IV B, kelas IV A berjumlah 25 Siswa dan Kelas IV B terdiri dari 21 siswa. Total sampling, sampel sekaligus menjadi populasi karena jumlahnya kurang dari 100. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Random Sampling, yaitu sampel dimana setiap anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk memilih sebagai sampel. Sampel penelitian terdiri dari kelas IV A sebanyak 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebanyak 21 siswa sebagai kelas kontrol. Data penelitian berupa hasil belajar ranah kognitif yang diperoleh melalui tes akhir berbentuk objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, dengan rata-rata kelas eksperimen 80,3 dan kelas kontrol 77,61. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel (1,83 > 1,68) pada taraf signifikansi 0,05, sehingga hipotesis H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 03 Batu Banyak. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajar kooperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran IPA di sekolah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Sep 2025 01:42
Last Modified: 24 Sep 2025 01:42
URI: http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1775

Actions (login required)

View Item
View Item