PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA BERBASIS GAME EDUKASI DALAM PEMBELAJARAN PANCASILA UNTUK SISWA KELAS V SDN 01 ULAK KARANG SELATAN

Taufiq, Syafitra and M., Tamrin (2025) PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA BERBASIS GAME EDUKASI DALAM PEMBELAJARAN PANCASILA UNTUK SISWA KELAS V SDN 01 ULAK KARANG SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of FULLTEKS SKRIPSI.pdf] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran ular tangga berbasis game edukasi pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas V SD yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian menggunakan penelitian Research and Development. Media pembelajaran dikembangkan dengan model ADDIE dengan model pengembangan yaitu analysis, design, development, implement dan Evaluation. Intrumen penelitian meliputi lembar validitas yang divalidasi oleh 3 orang validator dan lembar praktikalitas guru dan siswa. Hasil validitas media pembelajaran ular tangga berbasis game edukasi pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas V SD berada pada kategori sangat valid dengan rata-rata 88,19% Validasi materi berada pada kategori sangat valid dengan 93,75%. Validitas media pada pembelajaran ular tangga berbasis game edukasi ini berada pada kategori sangat valid dengan 95,82% dan validasi bahasa media pembelajaran ular tangga berbasis game edukasi berada pada kategori cukup valid dengan 75%. Praktikalitas media permainan ular tangga berbasis game edukasi yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh pendidik dengan 93,03% dan dikategorikan sangat praktis oleh peserta didik dengan 85,54%. Media ular tangga yang dikembangkan terbukti cukup efektif dengan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 85,17% dan nilai N-Gain 0,69 dengan kriteria sedang. Media pembelajaran ini sudah valid, sangat praktis dan cukup efektif dapat digunakan dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan dapat digunakan sebagai salah satu media dalam proses pembelajaran di kelas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Sep 2025 01:46
Last Modified: 24 Sep 2025 01:46
URI: http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1766

Actions (login required)

View Item
View Item