PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) KONTEKS BUDAYA LOKAL MINANGKABAU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 03 ALAI TIMUR KOTA PADANG

El Afifah, Kurnia and Arlina, Yuza (2025) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) KONTEKS BUDAYA LOKAL MINANGKABAU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 03 ALAI TIMUR KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[thumbnail of COVER, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN PENDAHULUAN EL.pdf] Text
COVER, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI DAN PENDAHULUAN EL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR ISI DAN PENDAHULUAN EL.pdf] Text
DAFTAR ISI DAN PENDAHULUAN EL.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of FULLTEKS EL AFIFAH KURNIA revisi okk.pdf] Text
FULLTEKS EL AFIFAH KURNIA revisi okk.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru masih menggunakan metode
pembelajaran konvensional dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini
bertujuan untuk Untuk melihat pengaruh penggunaan pendekatan realistic
mathematics education (RME) konteks budaya lokal Minangkabau terhadap hasil
belajar matematika pada siswa Kelas V SDN 03 Alai Timur Kota Padang. Jenis
penelitian ini adalah quasi eksperimen design. Dengan desain Randomized
Control-Group Posstest Only Design, pada desain ini terdapat dua kelas yang
dipilih secara random, kemudian dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 03 Alai Timur Kota Padang
dengan teknik dalam penentuan sampel adalah menggunakan simple random
sampling. Dua kelas menjadi kelas sampel adalah kelas VA sebagai kelas
eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah menggunakan tes hasil belajar berupa soal essay sebanyak 10 butir soal .
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis. Dari hasil
penelitian ini, terlihat bahwa nilai signifikansi Sig (2-tailed) < 0,05. nilai
signifikansi 0,001. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Realistic
Mathematics Education (RME) dalam konteks budaya Minangkabau memberikan
pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 03 Alai Timur
Kota Padang. pengaruh yang baik terhadap hasil belajar matematika siswa
sehingga diharapkan kepada guru agar dapat dijadikan sebagai alternatif dalam
penyampaian materi pelajaran pada siswa.
Kata Kunci: Realistic Mathematics Education (RME), Hasil belajar
Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Sep 2025 01:48
Last Modified: 24 Sep 2025 01:48
URI: http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1765

Actions (login required)

View Item
View Item