Safera, Dwi Mulya and Darwianis, Darwianis (2025) PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV MELALUI METODE MIND MAPPING DI SDN 045/XI KOTO DUA KECAMATAN PESISIR BUKIT KOTA SUNGAI PENUH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![COVER, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN PENDAHULUAN SAFERA.pdf [thumbnail of COVER, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN PENDAHULUAN SAFERA.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN PENDAHULUAN SAFERA.pdf
Download (1MB)
![DAFTAR ISI DAN PENDAHULUAN.pdf [thumbnail of DAFTAR ISI DAN PENDAHULUAN.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR ISI DAN PENDAHULUAN.pdf
Download (129kB)
![FULLTEKS SAFERA.pdf [thumbnail of FULLTEKS SAFERA.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULLTEKS SAFERA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata
pelajaean Pendidikan Pancasila siswa kela IV SDN 045/XI Koto Dua Kecamatan
Pesisir Bukit Kota Sungai Penuh. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
hasil pembelajar siswa kelas IV pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan
menggunakan metode Mind Mapping. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Dilaksanakan dua siklus dengan tahapan PTK yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah
siswa kelas IV SDN 045/XI Koto Dua Kecamatan Pesisir Bukit Kota Sungai
Penuh, berjumlah 26 orang. Instrumen penelitan yang digunakan adalah lembar
observasi guru, lembar tes hasil belajar, dan lembar penilaian afektif siswa.
Berdasarkan analisis lembar tes hasil belajar, rata-rata ketuntasan tes hasil belajar
siswa pada siklus I ranah kognitif (C1) dari 68,57 dan meningkat pada siklus II
menjadi 80,84 dan (C2) dari 68,46 meningkat menjadi 88.07 selain itu, darı ranah
afektif menyampai pendapat (A2) siswa pada siklus I pertemuan I memperoleh
persentase 38,46%, selanjutnya pertemuan II 42,30%. Pada siklus II pertemuan I
yaitu 76,92%, sedangkan pertemuan II yaitu 84,61%. Hal ini menunjukkan
pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila menggunakan metode Mind
Mapping telah terlaksana dengan baik dan dapat meningkat kan hasil belajar
siswa kelas IV SDN 045/XI Koto Dua Kecamatan Pesisir Bukit Kota Sungai
Penuh.
Kata Kunci : Pendidikan Pancasila, Mind Mapping, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:15 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 02:15 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1747 |