Widya, Edwianty and SUSI, HERAWATI (2025) PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS PROBLEM-SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![COVER, HALAMAN PENGESAHANPERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI.pdf [thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHANPERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER, HALAMAN PENGESAHANPERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI.pdf
Download (1MB)
![BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (236kB)
![FULL TEXT SKRIPSI WIDYA EDWIANTY.pdf [thumbnail of FULL TEXT SKRIPSI WIDYA EDWIANTY.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT SKRIPSI WIDYA EDWIANTY.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi barisan dan deret aritmetika, yang disebabkan oleh keterbatasan akses terhadap buku sumber belajar, soal dalam buku yang hanya menekankan perhitungan cepat tanpa membimbing langkah pemecahan masalah, serta keterlibatan siswa yang masih rendah dalam pembelajaran kolaboratif. Berdasarkan permasalah tersebut, penelitian bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis problem solving pada materi barisan dan deret aritmetika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, yang meliputi tahap Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba penelitian adalah 33 siswa SMA Negeri 5 Padang, dengan instrumen berupa lembar validasi ahli, angket praktikalitas, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan. Validasi oleh ahli materi memperoleh persentase sebesar 98,66% dengan kategori “sangat valid”, sedangkan validasi oleh ahli media memperoleh persentase sebesar 84,61% dengan kategori “valid”. Hasil uji praktikalitas melalui respon siswa memperoleh persentase 88,60% dengan kategori “sangat praktis”. Uji efektivitas melalui analisis N-Gain menghasilkan nilai rata-rata sebesar 0,6594 atau 65,94% yang termasuk dalam kategori “cukup efektif”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis problem solving pada materi barisan dan deret aritmetika valid, praktis, dan cukup efektif sehingga layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran digital untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Kata Kunci: E-LKPD, Problem Solving, Pemecahan Masalah Matematis, Barisan dan Deret.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | PMAT FKIP |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 06:12 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 06:12 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1706 |