PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKATIF PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI BENTANG ALAM UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Mutiara, Eria Hanifa and Yulfia, Nora (2025) PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKATIF PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI BENTANG ALAM UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (974kB)
[thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of FULLTEKS SKRIPSI (MUTIARA ERIA HANIFA_21-076).pdf] Text
FULLTEKS SKRIPSI (MUTIARA ERIA HANIFA_21-076).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of FULLTEKS SKRIPSI (MUTIARA ERIA HANIFA_21-076).pdf] Text
FULLTEKS SKRIPSI (MUTIARA ERIA HANIFA_21-076).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (974kB)
[thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of FULLTEKS SKRIPSI (MUTIARA ERIA HANIFA_21-076).pdf] Text
FULLTEKS SKRIPSI (MUTIARA ERIA HANIFA_21-076).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan media game edukatif pembelajaran IPAS materi Bentang Alam untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE) yang dimodifikasi menjadi ADDI. Produk yang dikembangkan berupa tiga jenis game edukatif, yaitu "Find the Match”, "Open the Box”, dan "Maze Chase”, yang dibuat menggunakan aplikasi web Wordwall. Uji Validitas media divalidasi oleh ahli materi, bahasa, dan desain, sementara praktikalitas dilakukan melalui pemberian angket kepada guru dan siswa kelas IV SDN 55 Air Pacah, Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat valid dengan rata-rata skor validitas 94,7% (kategori sangat valid). Sementara itu, uji praktikalitas oleh guru diperoleh sebesar 93,3% dan uji praktikalitas oleh siswa diperoleh sebesar 94,8% (kategori sangat praktis). Temuan ini mengindikasikan bahwa media game edukatif dapat digunakan sebagai salah satu media yang menarik dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 23 Sep 2025 01:58
Last Modified: 23 Sep 2025 01:58
URI: http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1450

Actions (login required)

View Item
View Item