PREDIKSI POTENSI PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN AKIBAT PEMBANGUNAN JALAN TOL PADANG – SICINCIN, DI KECAMATAN BATANG ANAI, KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Andelin, Reyhan and Yusri, Nori (2025) PREDIKSI POTENSI PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN AKIBAT PEMBANGUNAN JALAN TOL PADANG – SICINCIN, DI KECAMATAN BATANG ANAI, KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[thumbnail of BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of COVER, HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
COVER, HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (748kB)
[thumbnail of FULL TEXT SKRIPSI.pdf] Text
FULL TEXT SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perubahan penggunaan lahan menjadi isu strategis dalam perencanaan
wilayah, terutama pada kawasan yang terdampak pembangunan infrastruktur
transportasi. Jalan Tol Padang–Sicincin di Kecamatan Batang Anai, Kabupaten
Padang Pariaman, meningkatkan aksesibilitas kawasan dan berpotensi memicu alih
fungsi lahan dari pertanian maupun kawasan lindung menjadi kawasan terbangun.
Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi potensi perubahan penggunaan lahan
akibat keberadaan jalan tol serta mengevaluasi kesesuaiannya dengan pola ruang
dalam RTRW. Metode yang digunakan adalah regresi logistik biner berbasis spasial
dengan dukungan Sistem Informasi Geografis (SIG). Variabel bebas mencakup
infrastruktur, aksesibilitas, dan penggunaan lahan. Model divalidasi menggunakan
confusion matrix dengan tiga threshold (55%, 65%, 75%), dan hasil terbaik
diperoleh pada threshold 75% dengan akurasi 90% dan precision 85%. Hasil
pemodelan menunjukkan 25,79% (677,53 ha) wilayah studi berpotensi berubah,
sementara 74,21% (1.949,37 ha) tetap stabil. Overlay dengan RTRW
mengindikasikan 90,20% perubahan sesuai rencana tata ruang dan 9,80% belum
sesuai, terutama di sempadan sungai dan lahan pertanian berkelanjutan. Temuan ini
menegaskan pentingnya strategi pengendalian ruang melalui revisi zonasi RTRW,
penguatan regulasi, serta penerapan buffer zone di sekitar koridor jalan tol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: PWK FTSP
Date Deposited: 22 Sep 2025 06:20
Last Modified: 22 Sep 2025 06:20
URI: http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1282

Actions (login required)

View Item
View Item