UTARI, RUKMANA and IMAN, LAILI (2025) ANALISIS AFIKSASI DALAM KOLOM KOMENTAR YOUTUBE RAYMOND CHIN. ANALISIS AFIKSASI DALAM KOLOM KOMENTAR YOUTUBE RAYMOND CHIN.
![COVER-HALAMAN PENGESAHAN-PERSETUJUAN-ABSTRAK-DAFTAR ISI-DAFTAR PUSTAKA- PENDAHULUAN.PDF.pdf [thumbnail of COVER-HALAMAN PENGESAHAN-PERSETUJUAN-ABSTRAK-DAFTAR ISI-DAFTAR PUSTAKA- PENDAHULUAN.PDF.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER-HALAMAN PENGESAHAN-PERSETUJUAN-ABSTRAK-DAFTAR ISI-DAFTAR PUSTAKA- PENDAHULUAN.PDF.pdf
Download (1MB)
![BAB KESIMPULAN DAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf [thumbnail of BAB KESIMPULAN DAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB KESIMPULAN DAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf
Download (224kB)
![FULL SKRIPSI.pdf [thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Pada penelitian ini dianalisis afiksasi dalam kolom komentar Youtube Raymond Chin. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana bentuk afiksasi dalam kolom komentar Youtube Raymond Chin. Teori yang digunakan adalah teori dari Putrayasa. Untuk mengumpulkan data, metode yang digunakan adalah metode simak dengan menerapkan teknik catat. Sementara itu, untuk menganalisis data digunakan metode agih dengan teknik bagi unsur langsung (BUL). Dari penelitian yang dilakukan, afiksasi yang ditemukan dalam kolom komentar Youtube Raymond Chin ada empat, yaitu 1) prefiks (meN-, peN-, ber-, ter-, di-), 2) sufiks (-an, -kan, -i), 3) imbuhan gabungan (me-kan, di-kan, dan memper-kan), 4) konfiks (ke-an, pen-an, dan per-an).
Kata Kunci : Afiksasi, kolom komentar, Youtube Raymond Chin
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia |
Depositing User: | SINDO FIB |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 01:15 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 01:15 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1178 |