M. Rozaq Akbar, Rozaq and Dr. Eng Khadavi S.T, M.T, Pak Khadavi (2025) ANALISIS KERUSAKAN PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE BINA MARGA DAN SOFTWARE PROVINCIAL / KABUPATEN ROAD MANAGEMENT SYSTEM (PKRMS) (Studi Kasus : Jalan Padang-Painan STA 44+000 – 49+000). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![FULLTEKS SKRIPSI .pdf [thumbnail of FULLTEKS SKRIPSI .pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULLTEKS SKRIPSI .pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Kualitas jalan yang baik sangat mempengaruhi keselamatan, kenyamanan, dan efesiensi bagi transportasi. Sehingga perlu diketahui keadaan dari kondisi jalan Padang – Painan STA 44+000 – 49+000 pada perkerasan lentur. Penilitian ini bertujuan untuk menganalisa jenis kerusakan pada kondisi jalan serta menentukan pananganan pada kerusakan perkerasan jalan dengan menggunakan metode Bina Marga dan software Provincial/Kabupaten Road Management System (PKRMS). Analisa kerusakan pada jalan Padang – Painan sepanjang 5 km dilakukaan secara visual dilapangan dengan mengukur dimensi kerusakan, identifikasi kerusakan serta tingkat kerusakan untuk mengetahui nilai urutan prioritas dari metode Bina Marga dan Persentase Kerusakan dari Software PKRMS. Bedasarkan metode Bina Marga dibagi menjadi 5 segmen dimana masing-masing segmen memiliki ukuran 1000 m x 7 m. Analisa masing-masing segmen dilakukan pengecekan secara visual untuk mencari nilai kelas jalan yang dimana ditentukan nilai lalu lintas harian LHR yang didapatkan 2944 kendaraan yang melintas selama 9 jam dari 08.00 – 17.00 wib sehingga mendapatkan nilai kelas jalan 5 dari tabel ketentuan Bina Marga direntang 2000 - 5000 kendaraan. Sedangkan untuk nilai kondisi jalan didapatkan nilai 4 dan 5 dari tabel kondisi jalan sehingga mendapatkan urutan prioritas 7 dan 8 yang mengacu kedalam pemeliharaan rutin sesuai dengan rentang dari jenis penanganan menurut metode Bina Marga. Dan untuk dari software Provincial/Kabupaten Road Management System (PKRMS) sendiri dilakukan penginputan beberapa data Admisnistrasi jalan serta melakukan survey Inventaris jalan dan melalukan penginputan kondisi jalan dimana terdapat beberapa kriteria jenis, jumlah dan luas kerusakan dengan interval acuan 100m. sehingga mendapatkan hasil nilai persentase 64% dari 2,1 km kondisi baik, 10% dari 0,6 km kondisi rusak ringan dan 30% dari 1,3 km kondisi rusak berat. Sehingga mengacu kepada jenis pemeliharaan rutin dari kondisi jalan mantap sesuai pada tabel jenis penanangan dari treatment trigger index (TTI) pada PKRMS.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil |
Depositing User: | Sipil FTSP |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 02:57 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 02:57 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1139 |