PENGARUH MUATAN ETIKA DALAM PENGAJARAN AKUTANSI KEUANGAN, KECERDASAN INTELEKTUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP SIKAP ETIS MAHASISWA AKUNTANSI

Melisa Rahma, Iga and Puttri, Daniati (2025) PENGARUH MUATAN ETIKA DALAM PENGAJARAN AKUTANSI KEUANGAN, KECERDASAN INTELEKTUAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP SIKAP ETIS MAHASISWA AKUNTANSI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[thumbnail of skripsi iga melisa rahma 21-47 akuntansi.pdf] Text
skripsi iga melisa rahma 21-47 akuntansi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji secara empiris pengaruh muatan etika dalam pengajaran akuntansi keuangan, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional terhadap sikap etis mahasiswa akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa akuntansi di Perguruan tinggi di kota Padang. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 100 sampel. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Muatan Etika dalam pengajaran Akuntansi Keuangan tidak berpengaruh terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi, sedangakan Kecerdasan Intektual berpengaruh positif signifikan terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi. Sementra itu, Kecerdasan Emosional tidak berpengaruh terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Akuntansi FEB
Date Deposited: 22 Sep 2025 01:26
Last Modified: 22 Sep 2025 01:26
URI: http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1128

Actions (login required)

View Item
View Item