Puja, Yefra Tilova and Hidayati, Azkiya (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBASIS MEDIA GAMBAR SERI BAGI SISWA KELAS IV SDN 55 AIR PACAH PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![skripsi puja_3-9-25.pdf [thumbnail of skripsi puja_3-9-25.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi puja_3-9-25.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (17MB)
![skripsi puja_3-9-25.pdf [thumbnail of skripsi puja_3-9-25.pdf]](http://repository.bunghatta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi puja_3-9-25.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (17MB)
Abstract
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI
MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBASIS
MEDIA GAMBAR SERI BAGI SISWA KELAS IV
SDN 55 AIR PACAH PADANG
Puja Yefra Tilova1, Hidayati Azkiya2
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Universitas Bung Hatta
Email: pujayefratilova1403@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV di SDN 55 Air Pacah. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan model PBL (Problem Based Learning) berbasis media gambar seri di SDN 55 Air Pacah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah tentang menulis narasi yang dikemukakan oleh Sardila (2015), model PBL (Problem Based Learning) yang dikemukakan oleh Az-zarkasyi dkk (2024). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV A SDN 55 Air Pacah yang berjumlah 23 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes siklus keterampilan menulis karangan narasi siswa. Berdasarkan hasil observasi dapat diketahui bahwa rata-rata presentase aktivitas guru siklus I sebesar 70% meningkat menjadi 92,5% di siklus II. Pada lembar observasi aktivitas siswa rata-rata presentase pada Siklus I 79% meningkat menjadi 91% di Siklus II. Hasil tes keterampilan menulis teks narasi pada siklus I sebesar 52,17% dengan rata-rata 71,52 terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 86,96% dengan rata-rata 85,17. Dengan demikian dapat disimpulkan terjadi peningkatan keterampilan menulis narasi dengan model PBL (Problem Based Learning) Berbasis Media Gambar Seri Bagi Siswa Kelas IV SDN 55 Air Pacah Padang.
Kata kunci : keterampilan menulis narasi, Problem Based Learning (PBL),
media gambar seri
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Profesi Guru |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 01:42 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 01:42 |
URI: | http://repository.bunghatta.ac.id/id/eprint/1106 |